Rabu, 03 Maret 2010

Array dan Record

ARRAY DIMENSI SATU

Sebuah array dimensisatu, yang misalnyakitaberinama NILAI

Nilai(1) Nilai(2) Nilai(3) - - - Nilai(n)

Subscript atauindeksdarielemen array menyatakanposisi, elemenpadaurutandalam
array tersebut. Notasi yang digunakanbagielemen array, biasanyaadalahnama array
dilengkapidengansubcript.

Secaraumum, suatu array dimensisatu A dengantipe data T dan subscript bergerak
dari L sampaidengan U, ditulissebagaiA(L:U) = (A(l)), I = L, L+1, L+2,..., U, dansetiapelemen A(l) bertipe data T.
ARRAY DIMENSI BANYAK

Sebuah array dimensibanyakatau multi-dimensional array didefinisikansebagaisebuah
array yang elemennyaberupa array pula. Misal array B mempunyai M elemenberupa
array pula, yang terdiridari N elemen.

Untukitudiperlukanduabuah subscript.Yang pertamadigunakanuntukmenyatakan
posisibaris, sedangkan yang keduauntukposisikolom.Secaraumum array dimensidua
B, denganelemenbertipe data T, subscript barisdari l sampai M, subscript kolomdari l sampai N, ditulissebagai B(1:M, 1:N) = (B(I,J)), I = 1, 2, ...,M dan J = 1, 2,...,N dengansetiapelemen B(I,J) bertipe data T. Array B tersebutdikatakanberukuranatauberorder M x N. Di sinibanyakelemen array adalah M*N.
DEKLARASI ARRAY DALAM BAHASA PEMROGRAMAN
Bentukumumdarideklarasitipe array adalah :

typepengenal = array [tipe_index] of tipe;

denganpengenal : namatipe data
tipe_index : tipe data untuknomor index
tipe : tipe data komponen

Parameter tipe_indexmenentukanbanyaknyakomponen array tersebut.Berikutcontohdarideklarasi :

typevek = array [1…..100] of integer;

menunjukkanbahwavekadalahnama-pengenal/variabel yang berupa array yang komponennyabertipe integer danbanyaknya 100 buah.
Deklarasi yang demikianinidisebutdeklarasi array dimensisatu, yang disebutvektor.

PEMETAANARRAY KE STORAGE
Sepertihalnyastruktur data yang lain, adabeberapacarauntukmenyajikan array di dalammemori. Skemapenyajiandapatdievaluasiberdasarkan
4 karakteristik, yakni:
1. kesederhanaandariakseselemen
2. mudahuntukditelusuri
3. efisiensidariutilitasi storage
4. mudahdikembangkan
Umumnyatidaklahmungkinuntukmengoptimalkankeempatfaktortersebut
sekaligus. Pandang array satudimensi NOPEG denganbatasbawah subscript 1, danbatasatas subscript = N. Salah satucarauntukmenyimpan array iniadalahsedemikiansehinggaurutanfisikdarielemensamadenganurutanlogikdarielemen. Storage untukelemenNOPEG(I+1) adalahberdampingandengan storage untukelemen NOPEG(I), untuksetiap I = 1, 2, 3,…, N-1. Untukmenghitungalamat (address) awaldarielemenNOPEG(I), diperlukanuntukmengetahui 2 halyakni:
1. address awaldariruang storage yang dialokasikanbagi array tersebut.
2. ukurandarimasing-masingelemen array.
DAFTAR RECORD
Ide pokokdaripemilihanalgoritma MDR (Mining Data Records in web pages) karenalebihefektifdanefisiendaripadametodeotomatis yang sudahadalainnya, seperti OMINI dan IEPAD. Efektifkarenahanyamelakukanduapengamatan, yaitumengamatidata record yang beradapadahalaman web danalgoritmapencocokan string. Sedangkanefisienkarenahanyamelakukanpencocokan string pada node children yang satu parent saja, contohnyapadaGambar di sampingini tidaksepertidata record memulaidari TD* danberakhir di TD#. Berdasarkanpenelitian yang telahadadenganmenggunakanalgoritma MDR untuk me-mining data record padahalaman web dapatmenghasilkanakurasi yang jauhlebihbagusdibandingkandengan OMINI dan IEPAD.
Padagambar di atas dapatdilihatpengertiansecaraumumsebuahdata region dansebuah data record.Sebuahdata region adalahdaerah yang sangatrelevandarihalaman web, sepertidaerahpadasitus web yang berisisebuahdaftarprodukmembentukdaerah data.Sebuahdata record adalahsekumpulan data yang bersama-samamerepresentasikanentitasbermakna yang berdirisendiri, sepertidaftarprodukdalamdata region padasitusweb .Algoritma MDR termasukteknikunsupervised learning, yaitusistemdiberikanhanyasatuhalaman web denganbanyakdata record, kemudiansistemmengekstrak data secaraotomatis.
Menurut paper rujukanberasumsibahwadata record padahalaman web biasanyaterdapatpada tag HTML dalambentuk yang berhubungandengan table dan form, misalnya tag table, form, tr, td dan lain sebagainya. Padatugasakhirini, algoritma MDR didasarkanpadaduapengamatan ,yaitu:
1) Data region (ataudata record region) adalahsekumpulandata record berisideskripsidarikelompokobyekserupa yang ditampilkansecarakhususpadahalaman web dengan region berdekatandandisusunmenggunakan tag HTML yang serupa. SepertiGambar di diatas, dua notebook ditampilkanpadasatu region yang berdekatansertadisusunmenggunakan tag HTML.
2) Strukturbersarangdari tag HTML padahalaman web biasanyamembentuksebuah tag tree dansekumpulandata record serupadibentukolehbeberapa node children dari sub-tree pada node parent yang sama. ContohnyapadaGambar di bawahini , merupakan tag tree untukhalaman web padagambar di atasMisalnyasetiap notebook (atausebuahdata record) padagambar di atasdiekstrakkedalam 5 node TR denganbagian tree di bawah node parent TBODY yang samapadaGambar di bawahini , sehinggaterdapatduadata record padaduakotakgarisputus-putus.


Dari berbagaisumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar